ISTILAH-ISTILAH SULIT DALAM KAJIAN DIPLOMASI EROPA

NO
ISTILAH
ASAL KATA
PENGERTIAN
1
IDEOLOGI
Berasal dari bahasa Yunani Edois
Idea (gagasan, konsep, pengertian dasar, cita cita. )
Logos (ilmu. )
Ideologi adalah sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sekadar pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga membuat konsep ini menjadi inti politik dengan tujuan menawarkan sebuah perubahan melalui proses pemikiran yang normatif.
2
DEMOKRASI
Berasal dari bahasa Yunani
Demos (rakyat. )
Kratein (kekuasaan. )
Demokrasi adalah bentuk pemerintahan politik yang kekuasaan pemerintahannya berasal dari rakyat baik secara langsung atau melalui perwakilan.
3
MONARKI
Berasal dari bahasa Yunani
Monos (satu. )
Archein (pemerintah.)
Monarki adalah bentuk pemerintahan yang dipimpin oleh seorang kepala negara yang jabatannya diwariskan dan memerintah seumur hidup.
4
AUTOKRASI
Berasal dari bahasa Yunani kuno.
Aristo (Terbaik. )
Kratia (Untuk memimpin. )
Autokrasi adalah bentuk kerajaan dimana pemerintah memiliki kekuasaan secara mutlak.
5
LIBERAL
Berasal dari bahasa Latin.
Liberal (bebas. )
Liberal adalah sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada paham kebebasan merupakan nilai politik yang utama.
6
KAPITALIS
Berasal dari bahasa Inggris
Capital
(modal. )
Kapitalis dalah suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya.
7
KONSERVATIF
Berasal dari bahasa Latin.
Conservare (melestarikan, menjaga, memelihara, mengamalkan. )
Konservati adalah sebuah filsafat politik yang mendukung nilai-nilai tradisional.
8
NASIONALIS
Berasal dari bahasa Latin
Natio (Suatu yang lahir. )
Nasionalis adalah suatu paham yang menciptakan & mempertahankan kedaulatan suatu negara dengan mewujudkan suatu konsep identitas bersama.
9
DIKTATOR
Berasal dari bahasa Latin
Dictator (Pendekte. )
Diktator adalah sebuah jabatan politik luar biasa, dimana pemegang jabatan tersebut menjadi penguasa absolut Republik Romawi.
10
MILITAN
Berasal dari bahasa Latin
Miliatins (militare, berarti melayani/mengabdi layaknya seperti tentara.)
Militan merujuk kepada orang atau kelompok orang-orang yang tidak termasuk dalam suatu organisasi militer akan tetapi ikut serta dalam suatu pertempuran fisik/verbal yang agresif, biasanya dikarenakan suatu penyebab.
11
RASIS
Berasal dari bahasa Inggris
Race (ras. )
Rasisme adalah suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang mneyatakan perbedaan biologis yang melekat pada suatu ras  yang dianggap superior dan mampu menentukan pencapaian budaya serta memiliki hak untuk mengatur ras-ras lainnya yang dianggap lebih inferior.
12
NASIONALISME
Berasal dari bahasa Latin
Natio (Suatu yang lahir. )
Nasionalis adalah suatu paham yang menciptakan & mempertahankan kedaulatan suatu negara dengan mewujudkan suatu konsep identitas bersama.
13
KOMUNIS
Berasal dari bahasa Latin
Communis (milik bersama. )
Komunis adalah suatu ideologi dunia yang menghendaki penghapusan pranata kaum kapitalis serta berkeinginan membentuk masyarakat yang kolektif agar tanah dan modal (faktor produksi)  dapat dimiliki secara sosial dan pertentangan kelas serta sifat kekuatan menindas dari negara dihapuskan.
14
NAZISME
Berasal dari bahasa Jerman
Nationalsozialismus(Nasionalis)
Nazisme adalah sebuah paham politik yang tidak hanya menekankan pada nasionalisme saja tetapi bahkan rasialisme dan rasisme yang sangat sangat kuat.
15
FASISME
Berasal dari bahasa Italia
Fascio
Latinnya Fasces (seikat tongkat. )
Fasis/Fasisme merupakan sebuah paham politik yang menjunjung kekuasaan absolut tanpa demokrasi  dengan mengedepankan bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lain.
16
CHAUVINISME
Berasal dari bahasa Prancis
Chauvin (Prjurit antusias dari Napoleon. )
Chauvinisme adalah rasa cinta tanah air atau bangsa yang berlebihan, menganggap misi dan visi bangsa / negara itu prioritas utama dalam hidup.
17
RADIKAL
Berasal dari bahasa Latin
Radix (Pohon)
Radikalisme merupakan suatu konsep atau semangat yang berupaya mengadakan perubahan kehidupan politik secara menyeluruh dan mendasar tanpa memperhitungkan adanya peraturan-peraturan atau ketentuan konstitusional, politis dan sosial yang berlaku.

Leave a comment