KING SPEECH (PIDATO RAJA)

WINDY ANGGRAINI 44309005
KOMUNIKASI POLITIK
KING SPEECH
        Dari kisah King Speech yang bisa saya petik adalah begitu besarnya peranan dalam penyampaian sebuah komunikasi politik yang baik dari komunikator kepada audiens sehingga mampu menyihir hati para pendengarnya dalam membentuk opini publik agar mau berpartisipasi terhadap apa yang disampaikan oleh si pemberi informasi sehingga komunikasi tersebut dapat dikatakan sukses.
          Disini mengisahkan seorang pangeran bernama Albert (diperankan Colin Firth) yang pada awal mula masa jabatannya merasa keberatan untuk menjadi presiden karena sepeninggalan ayahnya Goerge V menyerahkan jabatan kepada kakak pertama Albert yaitu Edward namun Edward gagal mengelola pemerintahan dengan baik akhirnya jabatan tersebut diberikan kepada Albert. Albert yang merasa tidak memiliki keahlian apa-apa dalam jabatan kekuasaan tersebut awal mulanya merasa amat ketakutan. Bagaimana tidak, karena ia menyadari akan ketidakmampuannya untuk berbicara dan menyampaikan pesan-pesan politik apabila dikhalayak ramai. Ia menjadi gagap ketika berhadapan dengan orang banyak yang memperhatikannya. Sementara bidang pekerjaannya membutuhkan skill/kemampuan dalam berbicara dan politik, ini sangat bertolak belakang dengan karakter pribadinya. Hal tersebut membuat Albert berputus asa, telah diupayakannya untuk berobat kepada dokter-dokter ahli namun hasilnya tetap nihil. Namun, istri Albert tidak pernah berputus asa untuk terus mendukung serta memberi support pada suaminya agar terus berusaha.
Hingga suatu hari  istrinya Elizaberth (Helena Bonham Carter) mengenalkan Albert dengan ahli psikiologis bernama Lionel Logue. Awal mula perkenalan Albert kepada Lionel terjadi percekcokan hingga suatu hari Albert menyadari bahwa Lionel lah yang telah banyak merubah kemampuan berbicara Albert menjadi lebih baik dari sebelumnya. Akhirnya Albert menjadi lebih sering mengunjungi Lionel untuk melakukan terapi dan Albert menceritakan masa kecilnya yang suram karena ia sering dipukuli ayahnya hal tersebut yang membuat Albert dewasa ini tumbuh dengan ketakutan yang abstrak. Lionel berusaha merubah jalan pikiran Albert bahwa sebenarnya yang ia takuti selama ini hanyalah hampa dan harus dihapuskan dari pikirannya.
Albertpun menyadari bahwa memang benar yang dikatakan Lionel kini ia berusaha menghilangkan semua rasa ketakutan yang dipendamnya selama ini. Ia sadar akan tugas dan tanggungjawabnya yang begitu besar masa kecilnya memang boleh suram tapi masadepan harus tetap berjalan, penuh dengan tantangan dan harus tetap berusaha.
Dari kisah tersebut kita dapat mengambil sebuah pesan moral dimana ada usaha disitulah ada jalan keluar yang diberikan oleh tuhan. Jadi kita jangan terlalu berkecil hati terhadap permasalahan yang sedang dialami karena hidup memang butuh perjuangan.
            Dalam penyampaian pesan politikpun dibutuhkan suatu metode yang baik agar publik mau menerima terhadap apa saja yang disampaikan oleh sang komunikator sehingga mampu membentuk opini publik serta feedback positif dari rakyat kepada pemerintah. Setiap individu dituntut untuk pandai dalam berkomunikasi sehingga perlu adanya pembelajaran serta latihan mengenai cara berkomunikasi kepada masyarakat ini merupakan suatu tuntutan dan skill yang harus dimilki oleh setiap orang terutama dibidang politik. Sehingga diciptakanlah suatu Ilmu Komunikasi Politik.
͏͏SELESAI͏

Leave a comment