MASA INTARBELUM


 Yaitu sebuah masa tenggang pasca PD-I dimana semua negara-negara kuat sedang mempersiapkan diri menuju PD-II. Pada masa ini Presiden AS Woodrow Wilson berniat untuk menciptakan perdamaian dunia melalui sebuah Organisasi yang disebut LBB (Liga Bangsa-Bangsa) 18 Januari 1918. Dengan tujuan menjamin perdamaian dunia, melenyapkan perang, melaksanakan dilomasi yang baik dengan penuh keterbukaan, menjamin ketaatan secara internasional.
Namun mau dikata apa LBB yang semula memiliki tujuan baik, hanya menjadi sebuah simbol patung bagi negara-negara kuat disebabkan organisasi ini hanyalah bersifat sukarela. Sehingga munculah beberapa sebab-sebab yang membuat fungsi LBB dikatakan gagal yaitu:
-Serangan-serangan dari negara totaliter yang melancarkan agresinya terhadap negara lain sehingga suhu politik internasional memanas.
-AS tidak mau bergabung dalam LBB mengingat ia telah mengeluarkan Doktrin Monroe yang nilainya bertolak belakang dengan nilai-nilai LBB meskipun ia merupakan penggagas utama LBB itu sendiri.
-LBB merupakan organinsasi yang tidak mengikat anggotanya secara baik sehingga setiap anggota bebas melanggar setiap nilai-nilai yang mereka buat tanpa terkena sanksi.
-Munculnya Imprealisme dan perlombaan senjata antar negara sehingga munculah PD-II.

Leave a comment